Rockwell Baby Blues



Rockwell Baby Blues

Setelah melewati hari-hari bersama cort-cort di gitar-gitar sebelomnya, akhirnya ane coba beralih merk lain nih yang juga ane temuin di sekitaran online lah (maklum anak rumahan) ketemu lah waktu itu merk rockwell yang mana masih gitar murah dan sesuai budget ane. Ane liat-liat ni gitar speknya katanya sih banyak juga yang mahogany, ane udah bayangin kan suaranya cocok banget dah buat main rock lah minimal. Ane sempet hunting dulu rockwell dari model X-2 apa kalo ga salah, sampe ke rockwell RLP-22, sama baby blues, nah waktu itu akhirnya ketemu juga di kaskus ada yang jual rockwell baby blues warna item di daerah jaktim dengan harga 900ribu boleh nego, yaudah ane nego aja langsung 800ribu eh dianya mau, yaudah ketemuan di PGC, Jakarta timur, ane bayar dan langsung dah ane cobain di rumah. Okelah langsung aja reviewnya ya gan, tapi ini ane buat setelah beberapa tahun ane jual ni gitar, jadi agak-agak lupa juga rasanya wkwkwk
Fisik: Pertama kali ane pegang gitar ini yang langsung berasa adalah WOW beratnya gan, dan otomatis dari berat juga dah ga bisa boong ini ga mungkin kayu asal-asalan yang ringan gan, seenggaknya ini mahogany walaupun juga ane gatau mahogany jenis apa.

Terus dari finishingnya, hemm namanya juga gitar second sih gan jadi juga ane ga tau deh aslinya ini gitar gimana, tapi ane dapet yang catnya dop, jadi ya nothing special lah, bisa dibilang ya penampilan dari gitar ini datar-datar aja, dopnya juga ga dapet nuansa sangar, ya ketawan si gitar murahnya dari finishing catnya ini hehe tapi ane maklum lah.

Sound: nah ini dia nih perkara utama kalo masalah gitar, coba diliat dulu merk rockwell, buatan lokal, okelah tapi soundnya hemmm jangan salah dah ini soundnya bisa bersaing banget gan, cleannya dulu ane coba lebih asik di pickup necknya karena lebih dapet suara warm, deep, tebel, jadi Blues gitu dah gan suaranya, jadi kalo main blues pake ini asik banget gan (namanya juga baby blues wkwk), tapi kalo lagi ngerythm dengan efek distorsi ya ane lebih suka pake pickup bridgenya. Beberapa kali manggung pake gitar ini juga berkesan banget dah gan, suaranya kan direkam pake video ya, dan hasilnya ya begitulah, berasa kayak pake gitar mahal soundnya, mungkin kalah di merk aja ya ini lokal tapi suaranya oke banget lah gan, ane juga pake ini buat rekaman kok gan, dan bener-bener ga keliatan kalo ane pake gitar sekon seharga 800rebu perak aja gan, padahal rekaman cuman home studio tapi genjrengannya maut banget gan wkwkwk. 

Playabillity: gitar ini actionnya rendah jadi ya enak banget lah gan buat ngebut-ngebut, tapiiiiiiiiiii yang namanya les paul ya paling enaknya cuman sampe fret 17an kalo ga salah deh, soalnya kan fret tinggi-tingginya kehalangan sama body atasnya yang ga ada cutawaynya, jadi kalo mainnya dah di fret 17 ke atas dan senar-senar 4-5-6 ya udah lah agak susah, mana switchnya juga ada di atas senar lagi (khas les paul) makanya agak susah switch kalo mau solo. Jadi mungkin ya gitar ini emang memanjakan para gitaris rhytm kali ya gan, ataupun kalo soloist ya nggak bisa eksperimen jauh ke fret tinggi. Paling eksperimen yang bisa dilakuin pake gitar ini cuman mati-nyala ala tom morello aja, caranya adalah matiin knob volume dari pickup bridge (atau neck, pokoknya salah satu), dah itu genjreng gitar atau mainin solonya, trus switchnya ente naik turunin deh, tar suaranya mati-nyala-mati-nyala, hehe

Ya overall kesan di gitar ini sih gitar dengan sound terbaik dan dengan harga yang terbaik (baca:murah) cuman minus di penampilan aja sih kurang kece, sama masalah playability tadi yang ga bisa solo seenak jidat ke fret tinggi tetapi sekali lagi ini cuman masalah selera aja kan gaya orang main gitar beda-beda gan. Tapi kalo ente pemain blues atau heavy metal rhytm yang budgetnya cekak, ini dah masuk banget gan baik buat rekaman atau live, yakinlah ini gitar value for money banget, jangan takut sama merk lah, hari gini masih percaya merk mah yang penting tuh spek gitar gan (bicara soal gitarnya ya, bukan playernya). Gitar dengan spek dan karakter gini ane rasa sound yang bisa masuk tuh ke metal, heavy metal, rock, blues, kalo pop, jazz itu ane rasa kurang masuk deh karena terlalu tebel dan dark karakter suaranya. Jadi gitar ini ga terlalu versatile juga kayak si cort kx5.
 *penampakan gitar didramatisir*
 Nasib akhir gitar ini?? ane jual dengan harga 8xx.xxx karena BU jiakakaka

9 comments:

  1. Replies
    1. siap bro, masih banyak yang mau direview kok hehe

      Delete
  2. Keren. Kebetulan ane lagi mau beli Rockwell juga, ni salah satu inceran. Bangga dengan buatan anak negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan, kualitasnya nggak mengecewakan kok, sangat recommended!

      Delete
  3. Gan apa sih beda nya rlp 22 dan baby blues.. Agan recommend yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo gan, kebetulan ane juga pernah pegang rlp 22 punya temen, menurut kuping ane yang awam ini dari sound sama aja lah 11-12, cuman beda finishing aja emang rlp 22 lebih bagus gan. Nah karena cuman beda tampilan kalo rekomen sih balik ke selera bentuknya sih, tapi kalo ane lebih suka rlp 22, lebih bagus tampilannya gan

      Delete
    2. Siiiiipp thanks ingo nya gan.. Bakalan beli rlp22 sih kayaknya.. Klo kata adek ane, "lebih mirip gitar slash".. Hehehehe...

      Delete
  4. Rockwell ... Bertahan setia memiliki gitar ini sampai sekarang. Walaupun sudah vacum ngeband. Jadi baramg pajangan dan waktunya nyetel neck ulang.

    ReplyDelete
  5. Min tuh gitar kalo buat main punk"an masuk nggak nihh

    ReplyDelete

Yamaha APX 500 ii - gitar cuman buat manggung??

Yamaha APX 500ii Gitar ini ane beli second dari seseorang di kaskus dengan mahar 1,8juta pada tahun 2013. Jadi ceritanya waktu itu ane la...