Gitar Scorpion Stratocaster: First Electric Guitar

pertama kali gua bener-bener punya niat untuk beli gitar adalah pada saat kelas 2 SMA. Waktu itu gua lagi aktif-aktifnye ngeband, ya wajar dah namanya juga anak SMA kan. Waktu itu band gua alirannya metal-metal ga jelas gitu dah. Jadi ceritanya pertama selow aja ga punya gitar, yaudah si toh di studio ada gitar.
Tapi lama kelamaan kan sering manggung di gigs tuh, dan beberapa kali ngegigs ada aja acara yang ga menyediakan alat musik, jadilah gua harus pinjem gitar, ke tetangga (ibanez Jem 777), apa nggak ke temen (washburn x series).
Karena kurang enak juga kalo minjem mulu akhirnya waktu itu gua beli gitar dah. Waktu itu sebagai seorang amatir (sekarang juga amatir si) gua nyari gitar asal gitar aje, kagak mikir speknya ape, material bodynya apa, pickupnya apa, ya boro-boro mikir gituan, selain pertama gua kagak ngerti, kedua juga budget gua pas-pasan.
Nah jadilah akhirnya gua nyari gitar aja ke kenalan tuh kebetulan ada yang jualan gitar di tempat les. Dengan culunnya gua ngomong ke om itu gua punya budget 700rebu (waktu itu) gua bisa dapet gitar apa pokoknya bawain aja. Akhirnya dibawain tuh besoknya gitar stratocaster (waktu itu belon tau si itu gitar type stratocaster) ya pokoknya bentuknya gitu aja. Ya lanjut, jadi dibawain gitar stratocaster warnanya merah, merknya SCORPION. Nah lho, gitar apaan tuh scorpion?

tuh gitarnye bentuk gitarnya.
mungkin ada beberapa orang yang punya gitar ini. Jadi setelah beberapa tahun kemudian ane baru tahu kalo ni gitar cina punya, dan biasanya ada di glodok, emang harganya murah 700ribu juga dah dapet baru, dapet softcase juga pula. Jadi waktu itu gua maennya kan metal, terus kalo diliat dari ni bentuk gitar kok ga ada metal-metalnya, yaudah jarang dipake, tetep aja minjem Washburn X series punya temen yang warnanya hitam (lebih metal), gua maenin ni scorpi di rumah aja buat latihan.
sampe akhirnya suatu hari gua ngegis bawa ni gitar tapi jadi cadangan aja, dan gua pake gitar panitia waktu itu, eh ternyata gitar panitia senarnya putus, yaudah buru-buru gua ambil ni scorpion dari softcase, colokkin, dan ternyata...............

beeeeeeeeeuuuh, suaranya ngangkat banget gan, distorsinya gahar (apa gara-gara efek ye?hehe), ahaha serius gua soalnya gitar sebelomnya itu ibanez gua masih inget itu ibanez tapi lupa seri apa, dan ni scorpi lebih ngangkat banget suaranya, yaah nggak tau si apa emang belom pernah dimaenin di speaker gede apa emang suaranya yang bagus. ya itulah pertama dan terakhir kalinya gua maenin scorpi, ahahaha..karena waktu itu naksir gitar laen yang lebih metal (bc rich warlock), yaudah ane jokul aja ni gitar scorpi, waktu itu ane jual 500rebu di kaskus, yahahaha...
overall review gitar scorpion:
spek (menurut penerawangan asal-asalan ane, waktu itu belon ngerti gitar,jadi seingetnya aja)
body : kayaknya sih alder, yang jelas bukan agathis nih soalnya agak berat
neck : mungkin maple
fret : 22
bridge : tremolo down
pickup : s-s-s nggak tau merk apaan, haha

kesan: gitar ini enak buat belajar, karena cukup murah dah dapet baru, terus sound bisa bersaing lah
actionnya ceper, jadi jari ga perlu kerja keras buat neken senar di fret tinggi.
necknya kecil buat telapak tangan ane, jadi maen di fret rendah cukup enak..
untuk sound clean atau jazz ane rasa cukup bagus.
jeleknya ni gitar ya siap aja dicengin soalnya merknya scorpion, orang juga ngeliatnya dih apaan tuh merk scorpion...tapi padahal menurut ane ya ini 11-12 lah ama squier yang low end, cuma squier kan bermerk aja tuh....
tapi kalo ente maennya kayak yngwie malmsteen sih selow aja gan, ahahahaha
buat agan yang mau gitar baru yang murah dan ga jelek-jelek amat bisa ambil ni gitar, daripada beli gitar abal tempelan merk fender/ibanes tapi suara seadanya hehehe, bisa cari di forum jual beli online, atau nyari di glodok, harga terakhir ane cek si ya masih kisaran 500-700ribu rupiah

2 comments:

  1. ehehehehe... makasih share infonya gan

    ReplyDelete
  2. Ahaha sama kaya punya gue nih, cuman sunburst doang finishingnya

    ReplyDelete

Yamaha APX 500 ii - gitar cuman buat manggung??

Yamaha APX 500ii Gitar ini ane beli second dari seseorang di kaskus dengan mahar 1,8juta pada tahun 2013. Jadi ceritanya waktu itu ane la...