BC Rich Warlock (lokal) : Suaramu tak sesangar wujudmu

setelah ane menjual si scorpion, ane memutuskan untuk mencari-cari gitar yang lebih cocok dengan musik metal, awalnya sih belom kepikiran mau gitar apa, tapi sempet ngeliat muhammed suicmez (bener ga tulisannya) dari necrophagist pake gitar bc rich, pertama kali tu ane liat gitar merknya bc rich. Gitar apaan tuh, ane googling dong, dan ooh ternyata memang bc rich itu sepertinya brand gitar yang khusus mengincar segmen musisi dari aliran musik keras.

liat aje line up gitarnya ngeri-ngeri cin, mulai dari gunslinger, stealth, virgin, mockingbird, sampe warlock dengan berbagai variannya, termasuk yang dipake Kerry King dari slayer, max cavalera dari sepultura, mick thompsonnya slipknot, gitarisnya siksa kubur, ampe si muhammed suicmez itu sempet pake bc rich (walaupun akhirnya ada yang pindah endorse), tapi tetep aee, beuh ngeri kan tuh..

yaudah ane naksir dah, pengen meminang gitar tersebut supaya bisa gaya-gayaan maen metal, ciaelah...
dan setelah ane googling, ternyata bc rich yang murah tuh ada 2, yaitu mockingbird sama warlock,nah pertama ane naksir mockingbird karena ngeliat hide dari x japan yang pake gitar model mockingbird, cuman merknya fernandez kalo doi..yaudah pertama si ane naksir ama mockingbird, ane cari lah di kaskus, tapi jarang banget, yaudah ane tanya ke om temen ane yang jual alat musik itu, ane kasih aja fotonya, eh doi juga ga punya, tapi dia bilang dia punya bc rich yang model warlock (Lokal punya), warlock itu model yang murah juga, tapi bentuknya lebih tajem-tajem lagi, pokoknya serem dah kayak kelelawar
tuh dia, njir, serem kan gan :takutsingkat cerita ane cari di kaskus kan, ternyata waktu itu masih jarang, mungkin sekitar tahun 2010 tuh..ane liat di kaskus kok jarang yang jual ni gitar, berarti cukup langka ya..
ane galau tuh menerima tawaran dari om penjual gitar tersebut, tapi ujung-ujungnya ane setuju deh buat ambil warlock, dan dibawa lah keesokan harinya..dan beeuuh emang sedep banget dipandang mata gan ni gitar, bentuknya ga malu-maluin dah kalo maen metal mah, terus tulisan merknya juga keliatan elegan gitu BC Rich, ane suka aja liatnya hehe..waktu itu ane beli gitar ini seharga 1,3 juta, udah dapet softcase, tapi softcase bass, soalnya badannya panjang, ga cukup pake softcase gitar biasa..dan inilah review ane:

Spek
Body: enteng gan, sesuai di web kayaknya body Agathis, kalo seri yang tahun sekarang kayaknya udah basswood
bridge : string through body, sustain panjaaaang..
pickup : pickupnya ini ane nggak tau, harusnya sih merk bc rich, tapi ane dapet bc rich lokal jadi pickupnya pake cover silver gitu dah
fret : ada 24
neck: ane percaya banget ni gitar necknya mapel

Kesan:
-dari bentuk bodynya dia sangar abis gan, finishingnya juga cakep, bener-bener mengkilap gan
-Terus dari ketahanannya, ni gitar catnya banget soalnya tajem-tajemnya kesenggol dikit aja udah ngelotek catnya
-suaranya ga sesangar bodynya gan, gainnya kurang ngangkat, outputnya kecil, distorsinya kurang gigit, duh pokoknya soundnya minus banget dah gan buat ane. ane pernah live udah dibantu pake efek behringer um300 tapi suaranya cempreng gan, aduh malu :", malah kata temen ane bagusan cleannya daripada distorsinya, nggak tau dah salah pickup apa bodynya, apa salah duaduanya?
- neck ama body masa beratan necknya, kalo digantung di badan itu neck akan menguntai ke bawah, itu membuat kurang nyaman gan kalo live karena neck gitar harus selalu ditahan, kalau tidak dia akan kabur ke bawah gitu..
- tapi enaknya ya enteng, jadi ga capek kalo latihan.

kelebihan ni gitar ada di bentuk gan, kalo dateng gigs metal nenteng ni gitar dijamin pada ngeliatin, apalagi kalo ente rambutnya gondrong, haha..kalo mau sound bagus si ane saranin ganti pickup aktif, pake pre-amp,udah gitu pasang efek metal zone+equalizer+volume booster, atau ga cara yang lebih simpel ya beli yang ori U.S.A punya haha. buat agan yang lagi nyari gitar ini, diterawang aja baik-baik itu gitar lokal apa bukan, setau ane sih ya kebanyakan gitar ini buatan lokal, kalo mau asli ya ke distributornya aja, tapi ane kurang tau alamatnya. Setau ane juga ya kalo ori punya ya memang bener-bener metal suaranya.
setelah melewati beberapa waktu dengan bc rich ini, akhirnya ane jual deh karena kurang puas dengan soundnya. dari gitar ini juga ane belajar kalau agathis itu nggak banget dah gan, hahaha tobat deh ane bersumpah ga akan beli gitar yang body materialnya agathis lagi..tapi untuk metalhead yang ingin tampilan sangar, ambil ni gitar



9 comments:

  1. Itu adalah gitar custom mas... Aq pernah cek soundnya Bc rich yg asli itu mantep banget suaranya dan fretnya empuk bgt...

    ReplyDelete
  2. bukanya B C rich yg Warlock asli neck nya pake Ebony :3

    ReplyDelete
  3. @mas lisono: iya mas ini ternyata gitar custom, kalo aslinya juga ga mungkin harganya murah gitu hehe
    @aditya: iya mas, kalo ini si customan, ane juga ga tau spek aslinya, tapi dirasa-rasa sih kayaknya mapel dah soalnya necknya berat banget haha

    ReplyDelete
  4. Mas,itu fotonya keren.Gitarnya kya terbang.Klo B.c.Rich yang tajem-tajem lg ada apa aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas kevin,fotonya ngambil asal aja kok haha.
      hmm banyak sih bc rich rata-rata tajem tajem semua, ada bc rich mockingbird,stealth,warbeast,metal master juga kalo ga salah yang dipake gitaris slayer(kerry king)

      Delete
  5. [Coment ini mengandung unsur dagang]
    Nah emang custom kayak gitu mas, sangar di "wujud" saya ada dagangan BC Rich Warlock 7 String pick up EMG Active, ori MII yah bukan Custom. Main kesini mas kalau pengen test soundnya. Hehehe jaminan naksir dah buat all gendre Metal... Tapi aku seh lebih PD kalau pakr Ibanez mas (apaseh curhat gak penting) hehehe... Sorry mas udah corat coret...

    ReplyDelete
  6. Itu Costum mas gitar bc rinchnya, di tambah lagi pake efek Behringer UM 300 jelas gak karuan lah suaranya 😆
    Saran ane sih kalau mau lebih ngangkat soundnya ganti pick up sama efek gitarnya, tambahin Booster atau pake equalizer boss.

    ReplyDelete
  7. Mantap infonya, jadi aspiorasi buat yang belon beli. thanks gan

    ReplyDelete

Yamaha APX 500 ii - gitar cuman buat manggung??

Yamaha APX 500ii Gitar ini ane beli second dari seseorang di kaskus dengan mahar 1,8juta pada tahun 2013. Jadi ceritanya waktu itu ane la...